https://drive.google.com/file/d/1v9khgA8Lw7GKpHGsE2O30-BSDD5f8W_8/view?usp=sharing

Sekretaris Daerah Kab. Lumajang, Drs. Gawat Sudarmanto mencanangkan Safari TNI-KB-KES Tahun 2018 di Aula BKD Kab. Lumajang, Kamis (26/07/2018). Tema acara tersebut: “Safari Bakti Sosial TNI-KB-Kesehatan dalam rangka Revitalisasi Program KB Nasional di Kabupaten Lumajang”. Pencanangan tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Sekda yang disaksikan Komandan Kodim 0821, dan undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda menyampaikan tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut adalah untuk mencapai sasaran percepatan Revitalisasi Program KB Nasional di Wilayah Kabupaten Lumajang secara optimal lewat kegiatan Safari TNI KB Kesehatan tahun 2018.

Menurutnya, program KB sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun 1983, namun pelaksanaannya belum maksimal. Untuk itu, program tersebut perlu dilakukan secara maksimal dan terus menerus agar targetnya tercapai.”Harapan Pemkab, program kerja sama TNI KB-KES ini nanti bisa berhasil”, harapnya.

Sementara itu, Dandim 0821 Lumajang, Letkol. Czi Agus Iskarman, SE., mengungkapkan bahwa Indonesia akan memasuki tahun keemasan berupa bonus demografi pada tahun 2030 yakni suatu fenomena dimana struktur penduduk sangat menguntungkan dari sisi pembangunan, sebab jumlah penduduk usia produktif sangat besar, sementara proporsi usia muda semakin kecil dan proporsi usia lanjut belum banyak.

“Oleh karena itu, TNI juga memiliki peran dalam memaksimalkan bonus demografi tersebut dengan turut melaksanakan pemberdayaan masyarakat. Safari TNI-KB-KES untuk menyiapkan potensi demografi sebagai alat juang pendukung pertahanan negara,” ujar Dandim.

Dandim 0821 menjelaskan, saat ini Indonesia bisa dikatakan sebagai gadis desa yang menjadi rebutan negara-negara lain. Untuk itu, seluruh potensi yang dimiliki perlu di maksimalkan. Ia bersama jajaran Kodim 0821 menyatakan siap bekerjasama dengan Instansi Pemkab. Lumajang seperti Dinas Pengendalian Penduduk KB dan PP, Dinas Kesehatan, untuk keberhasilan program KB-KES di Kabupaten Lumajang.

Ia berharap, program KB tidak hanya dimaknai dengan penggunaan alat kontrasepsi saja. Namun, sebagai upaya untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk sehingga tercapai keluarga yang sehat dan sejahtera.

Pasi Pers Kodim 0821 Kab. Lumajang, Kapt. Inf. Wahyutomo, melaporkan kegiatan tersebut dilaksanakan guna mendukung percepatan Revitalisasi Program KB-Kesehatan Nasional, dalam rangka mengendalikan inflasi penduduk dan meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap program KB. (Dinas Dalduk KB & PP, Bag. Humas & Protokol-lmj)