Sehat dan Aman Makan Saat Berlebaran

Makanan & Minuman Yang Sehat Untuk Dikonsumsi Menjelang Idul Fitri Dan Pengawasannya Pada Bulan Ramadan

Dialog Interaktif dengan judul “MAKANAN & MINUMAN YANG SEHAT UNTUK DIKONSUMSI MENJELANG IDUL FITRI DAN PENGAWASANNYA PADA BULAN RAMADAN” dilaksanakan pada Hari Rabu, 1 Juli 2015 di Radio Gloria Paramitha FM Lumajang dengan narasumber Drg. Rina Dwi Astutik selaku Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dan Indah Kusumawati,S.Si,Apt selaku Kepala Seksi Farmakmin Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang. Dalam mengawali siarannya, Rina menyampaikan “Kebutuhan makanan & minuman menjelang puasa biasanya terjadi peningkatan, yang harus diperhatikan dalam membelinya adalah segi fisik, bau, warna dan tidak penyok, dan yang paling penting harus ada nomer registrasi dan tanggal kadaluarsa”.

Sehat dan Aman Makan Saat BerlebaranTim pengawasan makanan dan minuman terdiri dari lintas sektor yaitu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pasar, Satpol PP dan Polres Lumajang mengadakan pengawasan dan pembinaan secara rutin utamanya di Bulan Ramadan pada pasar – pasar di Kabupaten Lumajang. Tahun 2015 ada 9 kecamatan yang dijadwalkan, kebanyakan kasus yang ditemukan adalah pada makanan kering, masyarakat dihimbau untuk mengecek pada kemasan makanan terutama pada tanggal kadaluarsa.

Indah menambahkan “Bahwa banyak produk yang ditemukan seperti kerupuk di sebuah daerah di Lumajang mengandung bleng, bleng ini bukan untuk kerupuk tapi sebagai bahan untuk pengawet kayu dan pembuat solder. Sekarang sudah ada pengganti bleng yaitu sodium tripoliphospat.

Harapan masyarakat yang diwakili penelpon pada dialog interaktif ini adalah pemerintah selalu aktif melakukan pengawasan tidak hanya pada saat ramadan saja dan masyarakat diberi kemudahan untuk memperoleh informasi tentang makanan dan minuman yang sehat dan akses untuk melaporkan tentang adanya pelanggaran yang selanjutnya pemerintah menindak oknum tersebut dengan tegas.

Pada akhir dialog drg. Rina menyampaikan “masyarakat harus cerdas dan selektif dalam memilih makanan dan minuman untuk dikonsumsi, dan masyarakat ditunggu partisipasinya untuk melaporkan atau memberikan pengaduan tentang penemuan makanan dan minuman yang dilarang beredar di masyarakat.(LUA)

The following two tabs change content below.
Avatar

Dinkes Lumajang

One thought on “Sehat dan Aman Makan Saat Berlebaran”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang