Headline

Sehat dan Bugar Disaat Puasa

Dialog Interaktif Radio Suara Semeru “Sehat Dan Bugar Disaat Puasa”

“SEHAT DAN BUGAR DISAAT PUASA” adalah tema dari siaran dialog interaktif kesehatan yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Radio Suara Semeru Lumajang pada Hari Selasa, tanggal 30 Juni 2015 pukul 06.15 – 07.15 WIB. Sebagai narasumber pada dialog interaktif kali ini adalah Luluk Azizah, SKM Kepala BKOR dan Galih Permadi, S.OR.

“Tidak semua olahraga dilakukan saat berpuasa, ada beberapa olahraga pilihan yang bisa dijadikan referensi untuk dilakukan antara lain joging, bersepeda, jalan cepat, sit up dan push up” terang Luluk. Lebih lanjut Kepala BKOR tersebut menjelaskan bahwa olahraga dengan intensitas berat pun dapat dilakukan namun sebaiknya dilaksanakan pada waktu sore hari, karena olahraga tersebut mengeluarkan banyak kalori sehingga menimbulkan rasa lelah dan haus sehingga pada saat tubuh merasakan hal tersebut maka dapat langsung minum dan makan pada saat berbuka puasa, olahraga tersebut antara lain; basket, sepakbola, lari jarak jauh, fitness dan bulutangkis.

Bugar Saat PuasaGalih Permadi, S.OR menambahkan “hilangkanlah pemikiran tentang berolahraga saat puasa hanya akan menambah rasa haus dan lapar, anggapan atau pemikiran tersebut keliru karena dengan berolahraga yang tepat dan teratur maka kebugaran dan kesehatan tubuh akan tetap terjaga tanpa adanya rasa lemas.

Sebagian orang tidak menyadari bahwa terdapat rahasia manfaat olahraga selama berpuasa. Dengan melakukan olahraga setelah sahur dan sebelum berbuka tubuh akan tetap sehat dan bugar sehingga aktifitas tidak akan menurun. Minum air putih dengan banyak sangat baik sekali untuk kesehatan dan kebugaran , dimana selain pendukung kerja sistem dalam tubuh. Air dapat membantu mengeluarkan toksin serta mengangkat nutrisi ke sel-sel tubuh.

Dalam penghujung dialog ini Luluk Azizah menyampaikan “Jauhkan rasa malas selama berpuasa guna meningkatkan amal ibadah selama berpuasa, mulailah berolahraga supaya tetap sehat ketika berpuasa sampai menjelang hari kemenangan Idul Fitri tiba”. (Lua)

The following two tabs change content below.
Avatar

Dinkes Lumajang

Alamat Kantor: Jl. Jend. S Parman 13 Telp. 0334-881066, Lumjanag Jawa Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang