Skrining Kesehatan Aparatur Sipil Negara Pemkab Lumajang

Pantau Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular,  Dinas Kesehatan Selenggarakan Skrining Kesehatan Aparatur Sipil Negara Pemkab Lumajang

Aparatur Sipil Negara menjadi barisan terdepan dalam menyelenggarakan pelayanan umum kepada masyarakat. Untuk itu, menjadi sebuah keharusan bagi setiap ASN memiliki tubuh yang sehat segar dan bugar agar proses pelayanan dapat berjalan dengan optimal. Jumat, 26 April 2019 pukul 06.00 WIB di Alun-Alun Lumajang Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang menyelenggarakan kegiatan skrining kesehatan faktor risiko PTM dengan sasaran seluruh ASN di lingkungan Pemkab Lumajang. Kegiatan tersebut menjadi sarana mendekatkan layanan kesehatan kepada ASN melalui pemeriksaan faktor risiko penyakit tidak menular dan dalam rangka pemetaan kasus PTM pada ASN di lingkungan Pemkab Lumajang.

Iswahyuni, S.ST sebagai koordinator penyelenggara kegiatan menyampaikan bahwa target pencapaian Standar Pelayanan Minimal atau SPM program PTM adalah 100% dengan sasaran penduduk umur 15 -59 tahun.  Untuk tahun 2019 jumlah sasaran mencapai 669.878 orang. Dibutuhkan upaya yang komprehensif dan semaksimal mungkin  agar target tersebut dapat terpenuhi, dan skrining ASN adalah termasuk salah satu bagian dari upaya tersebut, ungkap Iswahyuni. Iswahyuni menambahkan, bahwa kegiatan skrining tersebut ditargetkan dapat mencakup 1000 peserta. Hari jumat merupakan jadwal rutin penyelenggaraan apel pagi dan senam bersama sekaligus absensi karyawan di lingkungan Pemkab Lumajang. sehingga kehadiran peserta dalam kegiatan tersebut sekaligus dapat mengikuti tes skrining penyakit tidak menular. Agus Hari Widodo, SKM.,M.Kes selaku ketua penyelenggara kegiatan menambahkan bahwa dalam penyelenggaraan kegiatan rutin Posbindu PTM di dinas kesehatan ditemukan indikasi faktor risiko PTM pada ASN sebagai peserta aktif posbindu tersebut. Yaitu; obesitas atau kelebihan berat badan sebesar 53.3%, kolesterol tinggi 33.3%, dan 47.6% dari jumlah peserta menderita trigliserida tinggi.

Kondisi diatas menjadi salah satu dasar latarbelakang dinas kesehatan menyelenggarakan kegiatan skrining deteksi dini faktor risiko PTM bagi ASN di lingkungan Pemkab Lumajang. pemeriksaan kesehatn dilakukan oleh tim dinas kesehatan yang terbagi dalam 6 tim. Setiap tim melaksanakan pemeriksaan kesehatan meliputi; anamnesa umum, anamnesa riwayat penyakit dan perilaku, pemeriksaan fisik, tekanan darah, pemeriksaan laborat sederhana, pemeriksaan tes kejiwaan, dan pemeriksaan kapasitas paru.  hasil kegiatan skrining tercatat dihadiri sebanyak kurang lebih 500 ASN di lingkungan Pemkab Lumajang. (LUA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang