Skrining Kesehatan dalam HGK-PKK Kab. Lumajang

Menjaring masyarakat rentan faktor risiko penyakit tidak menular

Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK yang ke-47 diperingati oleh tim kesatuan gerak PKK Kabupaten Lumajang dengan menyelenggarakan lomba kreatifitas lansia di pendopo kantor bupati lumajang. Menurut Musfarina Thoriq Ketua TP-PKK lumajang yang dalam dalam sambutannya selaku ketua panitia kegiatan menyampaikan bahwa peringatan hari PKK pertama kali muncul sejak dilaksanakannya seminar home economic Tahun 1957 di Bogor dan sampai saat ini selalu diperingati setiap tanggal 4 maret. Istri Bupati Lumajang tersebut menambahkan bahwa pada tahun 2019 PKK melalui rapat nasional mempunyai 2 misi khusus dalam menyelenggarakan kegiatannya bersama masyarakat yaitu menurunkan angka stunting dan mengurangi penggunaan limbah plastic. Thoriqul Haq Bupati Lumajang dalam sambutannya menyampaikan bahwa perlu dilakukan upaya kegiatan yang krongkrit, komprehensif dan tepat sasaran dalam setiap kegiatan yang dilakukan untuk masyaarakat. Pemerintah memupuk motivasi segenap aparatur untuk melakukan inovasi dalam menyelenggarakan kegiatan pelayanan masyarakat, salah satunya melalui kegiatan PKK. Harapan bupati, kegiatan PKK dapat menyentuh segenap lapisan masyarakat dan membawa manfaat yang besar terutama untuk rakyat kecil yang saat ini dirasakan bupati masih banyak keluhan terkait pelayanan pemerintah.

Acara lomba kreatifitas lansia diikuti oleh 21 kecamatan yang ada di wilayah kabupaten lumajang. Dalam kegiatan tersebut TP-PKK bekerjasama dengan Dinas Kesehatan menyelenggarakan kegiatan skrining deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular dengan sasaran peserta kegiatan pertemuan. Skrining bertujuan untuk melakukan deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular yang meliputi pengukuran obesitas, tekanan darah, gula darah dan tes SRQ 20 atau tes kejiwaan. Kegiatan skrining tersebut berhasil menjaring sebanyak 150 peserta  dari total jumlah peserta sebanyak 300 orang. Menurut Iswahyuni, Amd.Keb. Kasi PTM dan Keswa Dinas Kesehatan Kab. Lumajang. Tahun 2019 sasaran kegiatan skrining meliputi penduduk umur 15 – 59 tahun dengan jumlah sasaran sebesar 669.878 orang. Untuk itu, guna memenuhi target pencapaian kegiatan yaitu sebesar 100% petugas harus selalu dapat memanfaatkan setiap kesempatan baik dalam kegiatan pertemuan ataupun kegiatan lainnya yang mendatangkan orang banyak. Diharapkan melalui kegiatan tersebut penjaringan sasaran skrining dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Baiq furianto, petugas skrining dinas kesehatan menyampaikan bahwa kegiatan serupa sebelumnya pernah dilakukan bersama dengan ibu Bupati Lumajang melalui pertemuan PERWOSI (Persatuan Wanita Olahraga Indonesia), menurut Baiq, karena kegiatan skrining tersebut sangat bermanfaat untuk mengetahui status kesehatan terutama ibu-ibu maka pada kesempatan lainnya seperti acara peringatan hari gerak PKK yang diselenggarakan pada hari ini, dinas kesehatan dilibatkan untuk melakukan skrining. (LUA)

The following two tabs change content below.
Lukman Afifudin, SKM, MPH

Lukman Afifudin, SKM, MPH

Penulis sehari-hari bekerja di Dinas Kesehatan kabupaten Lumajang, pada Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular
Lukman Afifudin, SKM, MPH

Latest posts by Lukman Afifudin, SKM, MPH (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang