Headline

Sosialisasi HIV/AIDS

Sosialisasi HIV/AIDS Tingkat Kecamatan di Kabupaten Lumajang Tahun 2014

Menurut data Kemenkes, secara nasional estimasi penderita HIV/AIDS di Jawa Timur menempati peringkat ke-2 setelah DKI Jakarta, disusul Papua pada urutan ke 3. Fenomena ini masih tetap berlangsung sejak tahun 2011. Diantara kendala yang dihadapi terkait upaya penurunan dan penanganan penderita HIV/AIDS, kenyataan bahwa belum semua Kab/Kota di Jawa Timur memiliki layanan untuk ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS) yang komprehensif (termasuk di Kabupaten Lumajang).  Diperlukan komitmen besar dari seluruh pihak sebagai upaya mengendalikan HIV-AIDS ini.

Masih kuatnya stigma dan diskriminasi terhadap ODHA  di sekitar kita. antara lain menjadi kendala pada usaha konseling dan tes HIV secara sukarela (terutama pada kelompok-kelompok resiko tinggi). Berangkat dari hal tersebut, sosialisasi HIV/AIDS Tingkat Kecamatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pemahaman dan peran serta masyarakat dalam upaya untuk mencegah meningkatnya angka penularan dan terjangkitnya masyarakat karena HIV/AIDS di wilayah Jawa Timur pada umumnya dan wilayah Kabupaten Lumajang pada khususnya.

Sosialisasi HIV-AIDS Kab. Lumajang

Sedangkan latar belakang sosialisasi HIV/AIDS, untuk memberikan gambaran khusus tentang fenomena temuan kasus HIV/AIDS  pada sampling wilayah terpilih.  Diperlukan berbagai upaya yang bersifat promotif, sehingga dapat menekan perkembangan kasus dimasa yang akan datang.  Sosialisasi HIV/AIDS tingkat kecamatan ini juga diharapkan dapat menjadi rintisan kegiatan promotif dan preventif pencegahan HIV/AIDS di tingkat dasar.

Secara umum, tujuan kegiatan agar masyarakat dapat mengidentifikasi HIV/ AIDS dan gambarannya di wilayah Kabupaten Lumajang. Sedangkan secara khusus bertujuan agar masyarakat :
1.    Dapat mengidentifikasi sejarah, pengertian, dan bentuk gejala dari HIV/AIDS
2.    Dapat mengidentifikasi kelompok resiko tinggi HIV/AIDS, cara penularan dan cara pencegahan HIV/AIDS
3.    Dapat memanfaatkan layanan bagi penderita HIV/AIDS yang ada di Kabupaten Lumajang
4.    Mengidentifikasi gambaran permasalahan HIV/AIDS di wilayah Kabupaten Lumajang

Sosialisasi antara lain dilaksanakan dibeberapa wilayah kecamatan terpilih , yaitu: Kamis, 12 Juni 2014 di Kantor Kecamatan Padang; Selasa, 24 Juni 2014, di Kantor Kecamatan Senduro; Selasa, 12 Agustus 2014, di Kantor Kecamatan Ranuyoso; Jumat, 2 September 2014 di Kantor Kecamatan Tekung

Sedangkan beberapa materi yang disampaikan pada sosialisasi antara lain:
1.    Identifikasi sejarah, pengertian, dan bentuk gejala dari HIV/AIDS
2.    Identifikasi kelompok resiko tinggi serta cara penularan dan pencegahan HIV/AIDS
3.    Identifikasi gambaran permasalahan HIV/AIDS di wilayah Kabupaten Lumajang tahun 2013
4.    Identifikasi bentuk layanan bagi penderita HIV/AIDS yang ada di Kabupaten Lumajang

The following two tabs change content below.
Avatar

Dinkes Lumajang

Alamat Kantor: Jl. Jend. S Parman 13 Telp. 0334-881066, Lumjanag Jawa Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang