Sudahkah Anda Menganalisis Laporan dengan Grafik Continuum Of Care

Sudahkah Anda Menganalisis Laporan dengan Grafik Continuum Of Care

LUMAJANG (LJ). Tidak terasa setengah tahun di 2013 ini tinggal beberapa hari lagi, semua pelayanan kesehatan dan program telah dilaksanakan oleh semua jajaran yang ada di dinas kesehatan, mulai dari bidan dan perawat yang ada didesa (baik yang dipelosok-pelosok ataupun yang dikota), hingga yang ada di dinas sendiri, Pelayanan dan kegiatan Kesehatan yang sudah berjalan satu semester, untuk itu perlu adanya evaluasi kinerja dan capaian yang diperoleh, apakah semua usaha dan jerih payah yang telah dilaksanakan sudah sesuai dengan target dan harapan atau masih perlu adanya penambahan semangat kerja karena belum tercapainya harapan, evaluasi ini perlu dilakukan baik dari Dinas, Puskesmas bahkan tingkat polindes dan ponkesdes. Cara mengevaluasi hasil program dan pelayanan salah satunya bisa dilakukan dengan membuat Grafik Continuum Of Care, dimana grafik ini dapat dibuat berdasarkan dari data-data hasil pencapaian program dan pelayanan yang telah dilakukan selama semester satu dan nantinya bisa dijadikan dasar untuk melakukan perbaikan agar di akhir Tahun  bisa mencapai hasil yang lebih baik.

Sebenarnya Cemilan Apakah itu Grafik Continuum Of Care?? Grafik Continum of care adalah penyajian data yang melibatkan program dan pelayanan secara terpadu dari perjalanan kondisi pasien dari waktu ke waktu melalui berbagai layanan kesehatan yang komprehensif mencakup semua tingkat intensitas perawatan. Dengan Grafik Continum of care kita bisa melihat program dan pelayanan yang kita lakukan kepada masyarakat, serta bisa melihat kesenjangan dan tantangan serta untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi sehingga munculnya kesenjangan. Grafik Continuum Of Care tidak hanya berkutat pada KIA, Gizi dan Imunisasi, segala hal bisa dilakukan analisis dengan Grafik Continuum Of Care, asalkan adanya data-data yang saling berhubungan/berdampak dan berkelanjutan, tapi pada kali ini, yang coba dibahas adalah tentang tiga hal tersebut, dikarenakan tiga hal tersebut sangat menunjang pada pencapaian Millennium Development Goals (MDG’s)

Grafik Continum of care KIA, Gizi dan Imunisasi harus ditunjang dengan data-data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan (akuntable), karena hal tersebut merupakan perjalanan kondisi kesehatan seorang ibu dan jani dalam kandungannya hingga lahir dengan sehat serta tumbuh dan berkembang dengan baik. Apabila data yang ada dan digunakan tidak valid, maka dalam menemukan permasalahan dan tantangan yang harus dipecahkan akan bersifat semu dan hasil yang nantinya dicapai tidak akan sesuai dengan harapan, yaitu tercapainya seluruh target baik program dan pelayanan.

 

 

Berikut adalah contoh grafik continuum of care beserta penjelasannya

 

Grafik

Grafik A.1diatas bisa diketahui bahwa masih adanya kesenjangan antara FE 1, FE 3 dan K1, dimana hal ini berarti, masih banyak ibu hamil yang belum mendapatkan FE atau memperoleh FE secara mandiri dan tidak tercatat. Pada K4 yang masih rendah dibandingkan dengan K1 dan Linakes menunjukan bahwa tidak semua ibu hamil tercover pemeriksaan oleh tenaga kesehatan sebanyak minimal 4 kali. PN (Persalinan Nakes) yang sudah baik tidak ditunjang dengan adanya tempat bersalin yang tidak dilakukah di Fasilitas Kesehatan, sehingga dapat terlihat di Propinsi X, masih banyak ibu yang melahirkan dirumah, bisa dikarenakan kondisi geografis ataupun hal-hal lain.  Sedangkan Grafik A.2 menunjukan kesenjangan yang cukup jauh, hal ini berarti bahwa tingkat ASI ekslusif yang masih sangat rendah dan perlu adanya serta Strategi – strategi Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) yang lebih tentang pentingnya ASI ekslusif

Dari analisa singkat diatas, dapat dilihat bahwa dengan adanya Grafik Continum of care, kita bisa melihat kondisi program dan pelayanan yang belum dan sudah tercapai serta menemukan permasalahan dan tantangan mana yang harus segera dipecahkan dan diselesaikan. Jadi…. Mari Menganalisis Laporan dengan Grafik Continuum Of Care…. . Semoga bermanfaat….

 

The following two tabs change content below.
Avatar

Dinkes Lumajang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang