Tes Kebugaran BKOR –PIPPM Kab. Lumajang

Tes Kebugaran Puskesmas oleh Balai Kesehatan Olahraga, Pusat Informasi Pencegahan Penyakit Metabolik (BKOR –PIPPM) Kab. Lumajang

“Sehat belum tentu bugar, kalau bugar pasti sehat” kata-kata ini sering kita dengar dan menjadi matifasi bagi kami BKOR-PIPPM (Balai Kesehatan Olahraga, Pusat Informasi Pencegahan Penyakit Metabolik) Kabupaten Lumajang untuk mengklasifikasi masyarakat khususnya di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang berdasarkan kriteria kebugaran dan mengupayakan agar meningkatkan tingkat kebugaran masing-masing individu di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang. Produktifitas yang tinggi dapat di wujudkan dengan meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran jasmanihal ini sejalan dengan tujuan upaya kesehatan olahraga.

kebugaran olah raga lumajangSebagaimana kita ketahui, pembangunan kesehatan menerapkan paradigma sehat, sebuah paradigma yang merupakan model pembangunan kesehatan jangka panjang yang mampu mendorong masyarakat untuk bersikap mandiri dalam menjaga kesehatan mereka melalui kesadaran tentang pentingnya pelayanan tentang  pelayanan kesehatan yang bersifat promotif dan preventif.

Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh seorang untuk melakukan pekerjaan sehari-hari secara efektif dan efisien dalam jangka waktu relatif lama tanpa menimbulkan kelelahan berlebihan. Kebugaran jasmani dapat menggambarkan kondisi fisik seseorang untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Makin tinggi tingkat kebugaran jasmani  seseorang, makin baik kemampuan fisik dan produktifitas kerjanya, misalnya :

  • Karyawan mampu melakukan aktifitas fisik rutin dan mengisi waktu senggangnya serta masih memiliki cukup tenaga untuk menghadapi hal-hal yang bersifat mendadak. Selain itu masih mampu mengatasi  stress lingkungan yang dapat mengganggu kesehatannya.
  • Usia lanjut mampu melakukan aktifitas sehari-hari secara mandiri seperti mandi, memakai baju, berjalan, juga masih mampu melakukan kegiatan hobinya.

Adapun komponen kebugaran menurut kemenkes , direktorat jenderal bina kesehatan masyarakat, direktorat kesehatan komunitas tahun 2005 mencakup 4 aspek sebagai berikut :

  1. Daya tahan jantung paru (cardiorespiratory endurance)
  2. Daya tahan otot (muscle endurance)
  3. Fleksibilitas (flexibility)
  4. Komposisi tubuh (body composition)

Keseluruhan aspek kebugaran tersebut sebagai indikator utama tes yang dilakukan BKOR-PIPPM untuk mengetahui tingkat kebugaran karyawan Puskesmas yang ada di Kabupaten Lumajang (25 puskesmas )

The following two tabs change content below.
Avatar

Dinkes Lumajang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang