Tes Kebugaran Tim Bersepeda Rute Selawasuta (Selatan Jawa Surabaya Jakarta)

 

Kabupaten Lumajang adalah kabupaten dimana kesadaran berolahraga sangat tinggi ini terbukti dengan banyaknya club olahraga yang paling populer dan lagi banyak event sekarang di lumajang adalah olahraga bersepeda, bagaimana tidak badwa salah satu club bersepeda di ketuai langsung oleh bapak sekretaris daerah kabupaten lumajang dr.Buntaran Supriyanto, M.Kes yaitu MCC (Mahameru cycling club) yang beranggotakan seluruh jajaran SKPD se kabuparten lumajang.

Tes Kebugaran Tim Gowes Surabaya Jakarta Lumajang
Tes Kebugaran Tim Gowes Surabaya Jakarta Lumajang

Sudah banyak kegiatan bersepeda keluar kabupaten lumajang yang sudah sukses di laksanakan oleh tim bersepeda lumajang yang anggotanya adalah gabungan dari beberapa club sepeda yang ada di kabupaten lumajang seperti : MCC, GEMESS Dinkes Lumajang (Gemar Mengayuh Sepeda Sehat), EVER GREEN, SEJAWAT, KUMATO, dan lainnya. Pada tahun 2013 tim gabungan bersepeda kabupaten lumajang yang beranggotakan sebagian besar dokter telah berhasil bersepeda sampai jakarta dari surabaya yang di beri judul SUROJAKA dan mereka ingin mengulang kesuksesan sekaligus memecahkan rekor dengan bersepeda dari surabaya menuju jakarta lewat jalur selatan untuk kali ini mereka sepakat memberi judul SELAWASUTA.

Melihat jauhnya rute yang akan di tempuh mutlak di butuhkan kondisi fisik yang prima untuk mengetahui kondisi fisik seseorang tidak bisa hanya di liat kasat mata perlu ada tes atau pemeriksaan kebugaran dalam hal ini peran BKOR-PIPPM kabupaten Lumajang (Balai Kesehatan olahraga) sebagai pelaksana tes kebugaran mempunya andil yang besar dalam kesuksesan SELAWASUTA, tes kebugaran yang kami lakukan dengan metode Sepeda statis atau biasa di sebut sepeda astran, dengan alat tersebut dapat di ketahui VO2 max (volume oksigen maksimal) atau tingkat kebugaran jantung –paru masing-masing individu, tes yang di laksanakan kurang lebih 11-15 menit ini sangat efektif untuk mengetahui tingkat kebugaran (endurance) setelah di ketahui tingkat kebugaran masing-masing tim memberikan masukan maupun saran agar kebugaran individu tersebut dapat di tingkatkan sehingga tidak mendapati kendala dalam pelaksanaan SELAWASUTA.

Tes kebugaran bagi peserta SELAWASUTA ini sudah dilaksanakan pada hari jumat tgl 10 oktober 2014 di BKOR-PIPPM kabupaten Lumajang. Berdasarkan hasil tes kebugaran, dari 15 orang peserta didapatkan hasil, mayoritas anggota tim mempunyai kualifikasi hasil Baik sekali (6 orang), Baik ( 4 orang), Cukup (3 orang ), Kurang (1 orang ), dan Kurang sekali (1 orang). .. by GP