TINGKATKAN MUTU FASYANKES, DINKES SOSIALISASIKAN AKREDITASI FKTP

Sesuai amanat Permenkes No. 46 Tahun 2015 tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi, bahwa Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) menjadi sebuah keharusan guna peningkatan mutu pelayanan kesehatan.

Beberapa Agenda sosialisasi guna percepatan akreditasi FKTP selain puskesmas, diupayakan agar klinik, dokter dan dokter gigi bersiap guna pemenuhan standarisasi pelayanan terutama membangun sistem pelayanan kesehatan yang diamanatkan di masing-masing elemen penilaian akreditasi FKTP. Termasuk bekerjasama dengan organisasi profesi kesehatan dan PKFI (Perhimpunan Klinik dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer Indonesia) Cabang Lumajang untuk bergerak menyiapkan sukses akreditasi FKTP.

Untuk mendukung hal tersebut, Dinas Kesehatan melaksanakan, Pembinaan Pelayanan Kesehatan dan Sosialisasi Mutu Persiapan akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama pada Klinik dan Dokter Praktik Mandiri di Kabupaten Lumajang, dilaksanakan pada Selasa-Rabu (15-16/5/2018).

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Dinas Kesehatan tersebut dihadiri 75 orang terdiri dari perwakilan organisasi profesi IDI, PDGI, PKFI Cabang Lumajang, dokter penanggungjawab dan pemilik klinik pratama, dokter praktik mandiri dan dokter gigi, serta pendamping akreditasi FKTP.

Sekretaris Dinas Kesehatan, dr. Bayu Wibowo, IGN menyampaikan, “FKTP bisa memberi layanan yang sudah terstandarisasi agar meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan tidak hanya Puskesmas yang terakreditasi tetapi klinik maupun dokter atau dokter gigi praktik pribadi bisa menjalankan pelayanan sesuai standart”, jelasnya.

Hari pertama disampaikan materi tentang Pemahaman Esensi Per Bab Elemen Akreditasi FKTP Pokja Admen oleh dr. Sofie selaku Surveyor Admen Akreditasi FKTP Provinsi Jawa Timur, materi kedua tentang Pemahaman Esensi Per Bab Elemen Akreditasi Fktp Pokja UKP oleh dr. Nanang selaku Surveyor UKP Akreditasi FKTP Provinsi Jawa Timur.

Sedangkan hari kedua disampaikan materi pertama tentang Pembuatan Dokumen Akreditasi Pokja Admen dr. Sofie selaku Surveyor Admen Akreditasi FKTP Provinsi Jawa Timur, dan materi kedua tentang Pembuatan Dokumen Akreditasi FKTP Pokja UKP oleh dr. Nanang selaku Surveyor UKP Akreditasi FKTP Provinsi Jawa Timur.

Harapan dari pertemuan ini menjadi upaya membangun komitmen FKTP untuk bersama-sama berkontribusi dalam upaya akreditasi Puskesmas, dan kedepannya semua dapat lulus Akreditasi FKTP dan secara berkelanjutan menuju peningkatan mutu pelayanan kesehatan di Kabupaten Lumajang. (Dinkes-lmj)

Sumber : https://portalberita.lumajangkab.go.id/

The following two tabs change content below.
Avatar

Dinkes Lumajang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Website Resmi Dinkes Lumajang