Peningkatan mutu sumber daya manusia dan sarana fasilitas kesehatan sebagai potensi pembangunan bangsa merupakan tanggungjawab bersama pemerintah dan masyarakat. Peningkatan pelayanan kesehatan diwujudkan dengan adanya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Intitusi Kesehatan khususnya Ponkesdes (Pondok Kesehatan Desa). Dari Profil Promkes dan UKBM tahun 2016, diperoleh Data capaian PHBS di Institusi kesehatan khususnya di Kabupaten Lumajang di dapatkan 52,53% dalam kondisi sehat, dimana target seharusnya 100% Ponkesdes di Lumajang dalam kondisi sehat.

Ponkesdes merupakan salah satu fasilitas kesehatan yang tidak hanya melaksanakan kegiatan Kuratif (Pengobatan), tetapi melaksanakan juga kegiatan pengembangan dan pemberdayaan kesehatan masyarakat serta promosi kesehatan yang merupakan fungsinya. Dari sisi pemberdayaan masyarakat, strata Posyandu Purnama Mandiri sebesar 50,8% dari target 68% (Profil Promkes dan UKBM, 2016). Sedangkan dalam promosi kesehatan, peran petugas kesehatan di Ponkesdes sangat dibutuhkan dalam menyebarkan pola hidup sehat salah satunya dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Oleh sebab itu, petugas kesehatan yang di Ponkesdes harus mempunyai wawasan dan persamaan persepsi tentang promosi dan pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan. Sebagai bentuk upaya untuk memfasilitasi hal tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang melaksanakan Capacity Building Petugas Kesehatan Ponkesdes di Kabupaten Lumajang.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Pisan Agung Dinas Kesehatan (30/10) yang dihadiri oleh 75 petugas kesehatan dari 25 Puskesmas se-Kabupaten Lumajang dengan perwakilan 3 orang tiap Puskesmas. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Ibu dr. Rosyidah serta pemateri dari Kepala Seksi Promosi Kesehatan ibu Irma Rokhmania, S.Si dan pengelola kegiatan promosi kesehatan Muh. Abdillah Akbar, S.KM.

Diharapkan dengan pelaksanaan Capacity Building Petugas Kesehatan Ponkesdes di Kabupaten Lumajang ini, akan muncul inovasi atau pengembangan kegiatan promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat di Bidang Kesehatan khususnya melalui petugas kesehatan yang ada di Ponkesdes.(Dinkes-lmj)