Pertemuan Koordinasi Lintas Sektor dalam Rangka Mendukung Program Kesehatan

Tepat pada saat memperingati Hari Pahlawan Tahun 2016 tanggal 10 November 2016, Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang menyelenggarakan kegiatan untuk memperkuat tercapainya program kesehatan di Kabupaten Lumajang. Dinas Kesehatan mengadakan Pertemuan Koordinasi Lintas Sektor dalam Rangka Mendukung Program Kesehatan. Acara ini dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Ketua TP PKK 21 Kecamatan, 25 Kepala Puskesmas, 25 PPTK Puskesmas, 25 Asisten PPTK BOK, dan 25 Pengelola Program Puskesmas.

Acara ini diadakan di Resto Galaxi Klapan Lumajang. Pertemuan ini di agendakan di mulai pukul 08.00 waktu setempat, namun karena bertepatan Hari Pahlawan acara di mulai pukul 09.00 karena Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang masih menghadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Stadion Semeru Lumajang. Meski mundur dari jadwal, para peser

Suasana Pembukaan Oleh Kadinkes Lumajang di Pertemuan Koordinasi Lintas Sektor

ta masih bersemangat untuk mengikuti acara Koordinasi Lintas sektor demi Kabupaten Lumajang menjadi lebih baik.

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Dinkes Lumajang, dr. Triworo Setyowati. Beliau mengatakan bahwa saat ini sebagian program kesehatan di Puskesmas sudah di danai oleh Dana BOK (Bantuan Operasional Kesehatan), khususnya program kesehatan yang mengutamakan Promotif dan Preventif. Tujuan pendanaan ini adalah untuk meningkatkan kinerja Puskesmas di Kabupaten Lumajang dalam melayani masyarakat. “Selain itu, yang terpenting keberhasilan Program Kesehatan di wilayah, juga tidak lepas dari komitmen para pimpinan di wilayah tersebut. Peran TP-PKK di Kabupaten Lumajang sangat penting untuk perkuat Program Kesehatan. TP-PKK merupakan mitra terbesar bagi petugas kesehatan dalam memperkuat jalannya program kesehatan di wilayah.,” ujar beliau di sambutannya.

Acara selanjutnya merupakan acara inti. Pertemuan ini di moderatori oleh Bapak Budi Purwanto. Penyampaian materi pertama oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Lumajang, Ibu Hj. Tutuk As’at. Beliau menyampaikan selayang pandang pemberdayaan masyarakat tentang kesehatan. “TP-PKK Kabupaten Lumajang sudah sering diajak sinergis untuk membangun dan memperkuat program kesehatan. Dengan saling bekerja sama Insya Allah, kesehatan masyarakat di bumi Lumajang ini bisa meningkat sesuai dengan Visi Pemerintah Kabupaten Lumajang,” papar beliau pada saat memulai materinya.

Beliau juga berharap bahwa ibu-ibu TP-PKK Kecamatan juga harus aktif turun ke masyarakat untuk menggali potensi di masing-masing wilayahnya dan mendukung penuh untuk memperkuat jalannya program kesehatan. Setelah pemaparan oleh Ketua TP-PKK Kabupaten Lumajang, acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian oleh masing-masing program dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang. Selanjutnya dilakukan diskusi mendalam pada masing-masing materi, sebelum  acara penutupan. Semoga dengan acara pertemuan ini seluruh peserta dapat saling bekerja sama sehingga dapat mewujudkan mayarakat Kabutapen Lumajang yang sejahtera dan bermartabat.(nul)