Workshop  Kader  SMP Kabupaten Lumajang Tahun 2015

Siswa SMP yang rata – rata berusia 12-15 tahun, adalah kelompok remaja awal yang sangat berisiko terhadap masalah – masalah remaja. Pada masa ini pada diri mereka terdapat perubahan pubertas yang ditandai munculnya kematangan fungsi reproduksi yang disertai munculnya dorongan nafsu birahi atau dorongan seksual. Selain itu pada diri mereka sudah mulai muncul perasaan ingin bebas, ingin coba-coba, mudah terpengaruh serta memiliki rasa solidaritas yang tinggi dan emosi yang tidak stabil sehingga mereka sangat mudah dipengaruhi dan terjerumus pada sisi kehidupan buruk masa remaja.

workshop kader uks smp lumajangKasus kenakalan remaja dari tahun ke tahun angkanya tidak semakin turun tetapi justru semakin meningkat. Banyak sekali kasus – kasus yang dialami oleh remaja kita mulai dari masalah rokok, minuman keras, narkoba, hubungan seksual sebelum menikah, IMS, kehamilan dan aborsi, tindak kekerasan dan kejahatan publik lainnya. Beberapa waktu yang lalu masyarakat Lumajang sempat heboh karena ada siswa SMP di salah satu sekolah di Kec. kedungjajang melahirkan bayi di sekolah. Hal ini tentunya sangat memprihatinkan kita semua, karena perilaku kenakalan remaja sudah melampaui batas, padahal mereka adalah masa depan bangsa yang akan melanjutkan proses pembangunan bangsa dan menentukan kwalitas generasi di masa mendatang.

Sebagai upaya untuk menanamkan pola hidup dan perilaku remaja yang sehat di sekolah adalah dimulai dari kader UKS dan diteruskan kepada seluruh teman – temannya di sekolah, merupakan strategi yang sangat tepat untuk dilaksanakan di setiap sekolah, sehingga setiap kader UKS tidak saja harus memiliki kelebihan dibandingkan oleh teman yang lain khususnya dalam hal pengetahuan dan ketrampilan terhadap kesehatan, tetapi juga harus memiliki kemampuan menyampaikan informasi atau ketrampilan lainnya terkait kesehatan kepada seluruh teman – temannya di sekolah.
Sehububugan  dengan hal tersebut maka perlu dilaksanakan workshop kader UKS tingkat Sekolah Menengah Pertama. Kegiatan ini adalah dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pengalaman di bidang kesehatan serta memberikan wahana bagi kader UKS atau Kader Kesehatan Remaja se Kab. Lumajang, untuk bertemu, bersilaturahmi dan bersama meningkatkan karya dan kerjasama antar sesama kader UKS serta memacu prestasi dalam rangka pengembangan program UKS,  demi mewujudkan kwalitas kesehatan dari masyarakat sekolah dan masyarakat sekitarnya

workshop kader uksTujuan Workshop Kader  SMP antara lain untuk:

  1. Menambah wawasan kader UKS dalam memberikan bimbingan kepada teman- temannya di sekolah untuk menghindari perilaku berisiko bagi remaja.
  2. Meningkatkan peran kader UKS dalam pelaksanaan program UKS di sekolah.
  3. Meningkatkan motivasi dan inovasi pada kader UKS agar tetap bersemangat melaksanakan dan mengembangkan berbagai kegiatan UKS.
  4. Mengembangkan kreatifitas kader.
  5. Memacu prestasi kader UKS.

Pelaksanaan Workshop Kader  SMP pada tanggal 14  –  15  April  2015, dengan, peserta antara lain Kader UKS SMP, Pengelola program UKS dan Kesehatan Remaja Puskesmas. Sedangkan kegiatan  workshop meliputi :

  1. Pembuatan karya kader UKS ( puisi, gambar / lukisan, narasi kesehatan, komik sederhana, mading, ketrampilan
  2. Pembekalan  materi
  3. Diskusi kelompok
  4. Presentasi kader UKS

workshop smpMateri Workshop  Kader  SMP:

  1. Kebijakan  Pogram UKS : Merupakan upaya terpadu lintas program dan lintas sektor dalam rangka meningkatkan status kesehatan masyarakat sekolah yang akan berimbas pada peningkatan prestasi peserta didik, melalui tri program UKS yaitu pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan lingkungan sekolah sehat yang dilaksanakan melalui kegiatan bersifat promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif.
  2. Kebijakan  Program Kesehatan Remaja : Remaja dengan segala permasalahannya perlu mendapat perhatian dari semua unsur mengingat  jumlah mereka mencakup ¼ jumlah penduduk, masa mereka adalah sangat rawan karena status emosi yang tidak stabil, mudah dipengaruhi oleh lingkungan dan mereka adalah generasi penerus bangsa
  3. Komunikasi dan  Konseling : Merupakan tehnik ketrampilan untuk mengembangkan komunikasi dan melaksanakan konseling secara tepat, sehingga proses pemberian bantuan kepada sesama sebaya benar benar dapat dilaksanakan secara maksimal
  4. PKHS : Merupakan tehnik ketrampilan untuk menggali kemampuan kader agar lebih maksimal menerapkan sistim komunikasi dalam konseling dan lebih memahami serta menghargai pribadi dari masing masing remaja yang mengalami masalah
  5. Kesehatan Lingkungan : Peran kader kesehatan disamping membantu teman sebaya yang mengalami permasalan remaja  juga diharapkan dapat menyelenggarakan atau mempelopori kegiatan yang mengarah pada upaya perbaikan lingkungan atau mewujudkan lingkungan sekolah sehat yang dapat menjamin berlangsungnya proses pembelajaran dengan maksimal.
  6. Reproduksi remaja : Pada masa remaja terjadi perubahan yang luar biasa baik dalam hal fisik dan psikis terutama pada kematangan alat reproduksi, mereka harus memgetahui dan memahami fungsi reproduksi sehingga tidak salah mengapresiasikan kegiatan reproduksinya. Seiring perkembangan dan kemajuan zaman, maka sistim komunikasi onlinepun berkembang sangat pesat. anak remaja harus mampu mengendalikan dirinya agar tidak terjerumus pada pergaulan bebas yang akan merugikan dirinya.
  7. Gizi Remaja : Pada masa remaja sangat diperlukan asupan gizi yang seimbang dan mampu menjamin kebutuhan sistim  tubuh terhadap asupan gizi seiring proses pertumbuhan cepat ke II pada masa remaja . Permasalahan saat ini adalah meningkatnya konsumsi makanan cepat saji bagi remaja yang akan berdampak tidak baik terhadap status kesehatannya kelak.
  8. Rokok: Rokok dengan pergaulan remaja sangat erat hubungannya terkait rasa solidaritas dan keinginan pengakuan yang tinggi pada remaja. Rokok biasanya merupakan langkah awal narkoba, sehingga remaja harus tegas menolak perilaku tersebut yang memang terbukti sangat buruk bagi kesehatan.
  9. Napza: Saat ini penyebaran napza sudah merebak keberbagai kalangan termasuk remaja sehingga remaja perlu mengetahui dan memahami dampak berbahaya dari penggunaan napza
  10. Materi motivasi : Setiap Kader kesehatan memiliki tugas dan tanggungjawab yang  yang sangat mulia untuk membantu setiap kawan menjadi insan yang sehat berkwalitas, sehingga diharapkan setiap kader UKS melaksanakan tugasnya atas dasar ibadah, amanah, niat tekad tulus dan hanya mengharap ridho Allah.

Serangkaian kegiatan Workshop Kader UKS SMP tersebut diharapkan dapat menambah wawasan dan bermanfaat bagi semua …amin…. (IS)