Dinas Kesehatan

28 Januari 2019   116 kali  
Drone Milik Kominfo Berhasil Gagalkan Pencurian Hewan Ternak di Lumajang
Drone Milik Kominfo Berhasil Gagalkan Pencurian Hewan Ternak di Lumajang

Lumajang, Diskominfo - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang bersama Polres Lumajang terus berupaya menekan kasus pencurian hewan ternak sapi di Lumajang, Jawa Timur. Salah satu langkah yang telah membuahkan hasil adalah penggunaan pesawat tanpa awak (drone) milik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Lumajang.

Upaya ini diapresiasi oleh Kapolres Lumajang AKBP Dr. Muhammad Arsal Sahban, S.H., S.IK., M.M., M.H. Ia mengungkapkan bahwa penemuan sapi curian dengan pemanfaatan drone di kebun tebu Dusun Puncak Rangga, Desa Condro Kec. Pasirian pada Senin (28/01/2019) merupakan sebuah awal yang baik dalam upaya menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat Lumajang.

"Setelah ada rantai, satgas keamanan dan garasi sapi, Drone bisa jadi solusi," ungkap Kapolres di hadapan awak media.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Lumajang Dony Fimbriyanto Yantri mengungkapkan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Lumajang bersama Polres Lumajang dan Kodim 0821 gencar melakukan berbagai upaya untuk mengatasi berbagai permasalahan terkait keamanan, seperti rawannya begal dan pencurian sapi. Upaya yang dilakukan antara lain dengan membentuk Satgas Keamanan Desa, penggunaan rantai sapi, kandang terpadu dan penggunaan drone.

“Sebagaimana upaya Bapak Bupati untuk memerangi maling sapi (pencurian sapi,red) di wilayah Kabupaten Lumajang, semua pihak harus ikut serta mendukung, siapapun itu, tanpa melihat saya dari ini, dari itu, apapun fungsinya sepanjang bisa memberikan sumbangan atau bantuan dalam rangka peningkatan keamanan kita harus membantu turut serta,” ujarnya.

Kadis Kominfo memandang penggunaan drone sebagai inovasi solutif untuk mengurangi kasus pencurian sapi di Lumajang. “Ini memang sebuah inovasi mudah – mudahan kedepan pihak kepolisian menjadikan salah satu tool  atau alat dalam rangka upaya mereka untuk meningkatkan keamanan, khusus dalam situasi ini kita tidak boleh egois, ini bukan tugas kami atau bukan, karena bagaimanapun juga untuk masyarakat Lumajang,” pungkasnya. (Diskominfo-lmj)

Banyak Dibaca





Sosialisasi Penertiban CFD dan CFN
09 Januari 2019 153 kali Baca...
PEMERIKSAAN GRATIS
29 Oktober 2019 134 kali Baca...