Dinas Kesehatan

26 Oktober 2020   207 kali  
KABUPATEN LUMAJANG DITETAPKAN SEBAGAI ZONA KUNING PENYEBARAN COVID-19 DI JAWA TIMUR
KABUPATEN LUMAJANG DITETAPKAN SEBAGAI ZONA KUNING PENYEBARAN COVID-19 DI JAWA TIMUR

Saat ini Kabupaten Lumajang telah ditetapkan statusnya menjadi zona kuning dalam penanganan Covid-19, karena dinilai sebagai daerah yang beresiko rendah oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Hal tersebut dikatakan oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) dalam konferensi persnya, bertempat di Kantor Bupati Lumajang, Senin (8/6/2020) sore.

Cak Thoriq juga mengatakan, bahwa ditetapkannya Kabupaten Lumajang sebagai daerah yang berstatus zona kuning, dikarenakan dari jumlah 47 orang terkonfirmasi positif, ada sekitar 28 orang pasien telah dinyatakan sembuh setelah dilakukan tes melalui Mesin Tes Cepat Mokuler.

"Hari ini, Lumajang sudah ditetapkan statusnya jadi zona kuning, dan ini harus kita syukuri, karena dari 47 pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, saat ini kesembuhan pasien yang terkonfirmasi positif di Kabupaten Lumajang sudah mencapai 28 pasien. Hal ini karena Kabupaten Lumajang telah memiliki alat swab sendiri melalui Tes Cepat Molekuler (TCM)," kata dia.

Selain itu, dikatakan Cak Thoriq, bahwa terkait dengan menyambut New Normal, pihaknya telah menyiapkan sejumlah mekanisme protokol kesehatan untuk kegiatan kemasyarakatan nantinya, dengan mengoptimalkan Satgas Keamanan Desa (SKD) untuk melakukan pemantauan terhadap kehadiran orang-orang dari luar Lumajang agar terpantau dengan baik dan terukur.

Menurutnya, upaya tersebut diambil karena tracking beberapa waktu terakhir, yang terkonfirmasi positif adalah orang-orang yang datang dari luar daerah.

"Kita pastikan seluruh langkah untuk pencegahan Covid-19 di Kabupaten Lumajang untuk supaya pertahanan kita di zona kuning ini terjadi, maka langkah-langkah itu yang akan kita ambil," pungkasnya.

Banyak Dibaca





PEMERIKSAAN GRATIS
29 Oktober 2019 271 kali Baca...
Sosialisasi Penertiban CFD dan CFN
09 Januari 2019 264 kali Baca...