Dinas Kesehatan

21 Oktober 2020   119 kali  
POSYANDU BERJALAN, TETAP PATUHI PROTOKOL KESEHATAN
POSYANDU BERJALAN, TETAP PATUHI PROTOKOL KESEHATAN

Jajaran Tim Penggerak PKK Kabupaten Lumajang, mengikuti kegiatan sosialisasi pemantauan ibu hamil dan bayi/ balita serta peran kader dalam pelaksanaan bulan timbang melalui video teleconference yang digelar TP PKK Provinsi Jawa Timur, Sabtu (8/8/2020).

Dalam kesempatan itu, Ketua TP PKK Jawa Timur, Ny. Arumi Emil Dardak berharap agar pelaksanaan posyandu tetap berjalan seperti biasanya, namun demikian secara teknis juga harus memperhatikan kondisi masing-masing wilayah.

Ny. Arumi meminta agar nantinya para kader PKK desa dan kelurahan melakukan koordinasi dengan puskesmas serta gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 di tingkat desa/ kelurahan, dalam hal pelaksanaan pemantauan status gizi ibu hamil dan bayi/ balita. Selain itu dirinya meminta agar kader PKK lebih pro aktif.

"Kader PKK harus berperan aktif dalam pelaksanaan pemantauan status gizi ibu hamil dan bayi/ balita di wilayahnya, baik melalui kunjungan, janji temu atau layanan posyandu," terangnya.

Ny. Arumi menegaskan untuk pelaksanaan pemantauan melalui kegiatan posyandu hanya bisa dilakukan oleh wilayah desa/ kelurahan dengan zona hijau. Sementera untuk yang zona kuning sampai merah, pemantauan hanya dilakukan melalui janji temu atau kunjungan rumah dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Secara teknis untuk pelaksanaan posyandu, Ny. Arumi menjelaskan harus tetap memperhatikan protokol kesehatan, memberikan prioritas kegiatan mandiri oleh sasaran serta melaporkan kegiatan kepada kader, menghindari kerumunan, mengatur janji temu atau kunjungan, petugas dan pengunjung harus dalam kondisi sehat, menyiapkan sarana cuci tangan pakai sabun, dan hari buka posyandu sesuai dengan kebijakan pemangki wilayah setempat.

Banyak Dibaca





PEMERIKSAAN GRATIS
29 Oktober 2019 271 kali Baca...
Sosialisasi Penertiban CFD dan CFN
09 Januari 2019 264 kali Baca...