Dinas Kesehatan

05 Desember 2018   161 kali  
Tingkatkan Layanan Informasi, Pemkab Lumajang Siapkan Aplikasi Mobile Terintegrasi
Tingkatkan Layanan Informasi, Pemkab Lumajang Siapkan Aplikasi Mobile Terintegrasi

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Trial Aplikasi “Lumajang Bersahabat” Berbasis Android Versi Beta Bagi Admin OPD di Lingkup Pemkab Lumajang, di Hall Arjuna Hotel Gajah Mada Lumajang, Rabu (5/12/2018).

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Lumajang Sukamto menyampaikan, aplikasi tersebut dalam rangka meningkatkan efisiensi dan keterpaduan penyelenggaraan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

“Oleh karena itu, dikembangkan aplikasi yang dapat mengintegrasikan berbagai sistem elektronik yang ada dan dapat diakses dengan mudah dan cepat oleh pihak-pihak yang membutuhkan layanan pemerintah, baik antar instansi pemerintah maupun masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Aplikasi Informatika Diskominfo Lumajang Dewi Sawitri menjelaskan, Aplikasi Lumajang Bersahabat tersebut kepanjangan dari Lumajang Berdaya Saing, Hebat dan Bermartabat. Aplikasi ini masih tahap uji coba dan masih dalam pengembangan.

“Uji coba aplikasi guna memperoleh masukan dan saran dalam upaya pengembangan dan pemutakhiran sistem sebelum diluncurkan kepada publik,” katanya.

Ia menjelaskan bahwa aplikasi tersebut merupakan integrasi dari sistem elektronik yang dimiliki dan dikembangkan oleh OPD di lingkup Pemkab Lumajang.

Hal tersebut, seperti amanat Perpres No. 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Pergub Jawa Timur No. 68 tahun 2018 tentang Satu Data Provinsi Jawa Timur, bahwa sistem elektronik harus terpadu dan data harus terintegrasi.

Maka lanjutnya, fitur-fitur dalam aplikasi ini merupakan integrasi dari beberapa sistem elektronik beserta informasi dan data yang bersumber dari perangkat daerah dan stakeholder terkait.

"Melalui aplikasi ini diharapkan masyarakat nantinya akan lebih mudah mencari dan memperoleh informasi tentang Lumajang," pungkasnya. (Kominfo-lmj)

Banyak Dibaca





Sosialisasi Penertiban CFD dan CFN
09 Januari 2019 153 kali Baca...
PEMERIKSAAN GRATIS
29 Oktober 2019 134 kali Baca...