Dinas Kesehatan

Rekomendasi Izin Apotek

PROSEDUR DAN PERSYARATAN PENERBITAN REKOMENDASI IZIN APOTEK

 

DasarHukum :

1.   Keputusan Menteri Kesehatan No: 1332/Menkes/SK/X/2002 tentang Ketentuan dan Tata Cara Pemberian Izin Apotek

2.   Peraturan Menteri Kesehatan No. 09 tahun 2017 tentang Apotek

3.   PeraturanMenteriKesehatan No. 26 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Bidang Kesehatan

4.   KeputusanBupatiLumajangNomor : 188.45/33/427.12/2019 tentang Pendelegasian Kewenangan di Bidang Perizinandan Non Perizinan Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Persyaratan :

1.     Fotokopi NIB

2.     Fotokopi Izin Lokasi

3.     Fotokopi Izin Lingkungan (OSS)

4.     Fotokopi Dokumen Lingkungan (SPPL)

5.     Fotokopi IMB (Izin Mendirikan Bangunan)

6.     Izin Operasional Apotek (OSS)

7.     Fotokopi Ijazah Apoteker

8.     Fotokopi STRA Apoteker

9.     Fotokopi KTP

10.  Fotokopi NPWP

11.  Surat Rekomendasi dari IAI

12.  Denah Bangunan

13.  Daftar ketersediaan Tenaga Kefarmasian (1 orang Apoteker penanggungjawab, 1 orang tenaga teknis Kefarmasian / Asisten Farmasi)

14.  Surat yang menyatakan status bangunan dalam bentuk Akte hak milik / sewa / kontrak

15.  Daftar Asisten Apoteker dengan mencantumkan Nama, Alamat, Tanggal lulus, Pengalaman Kerja dan Nomor Surat Izin Kerja (SIKTIK)

16.  Daftar terperinci alat perlengkapan Apotik

17.  Surat Pernyataan dari Apoteker Pengelola Apotik bahwa tidak bekerja tetap pada perusahaan farmasi    dan tidak menjadi Apoteker Pengelola Apotik lain (bermaterai 10.000)

18.  Asli surat izin atasan bagi pemohon Pegawai Negeri Sipil, Anggota ABRI, dan Pegawai Instansi lainnya

19.  Akte Notaris tentang Perjanjian kerja sama Apoteker Pengelola Apotik dengan Pemilik Sarana Apotik (apabila sarana bukan milik apoteker)

20.  Surat Pernyataan Pemilik Sarana (bermaterai 10.000) bahwa :

             i.   Tidak terlibat pelanggaran peraturan perundang – undangan dibidang obat / sediaan farmasi lain

            ii.     Kesanggupan bahwa tidak akan melaksanakan penjual-belian Obat yang melanggar Peraturan       Perundang-undangan yang berlaku

 

Prosedur :

1.     Petugas menerima berkas permohonan rekomendasi izin apotek

2.     Petugas melakukan telaah berkas perizinan

3.     Persyaratan administrasi tidak lengkap dikembalikan ke DPMPTSP dan diberitahukan kekurangannya

4.     Persyaratan administrasi lengkap, petugas melakukan telaah kebutuhan kunjungan tempat praktik (penilaian tempat praktik)

5.     Tim melakukan kunjungan lokasi paling lambat 5 hari kerja setelah berkas lengkap dengan terlebih dahulu menginformasikan tanggal kunjungan (minimal 1 hari sebelum kunjungan) kepada pemohon

6.     Tim melakukan telaah hasil kunjungan lokasi

7.     Tim memberitahukan hasil telaah kunjungan lokasi

8.     Telaah hasil kunjungan lokasi tidak memenuhi syarat teknis, tim memberitahukan kepada pemohon untuk dilakukan perbaikan maksimal dalam waktu 30 hari

9.     Telaah hasil kunjungan lokasi memenuhi syarat teknis maka dilanjutkan proses berikutnya

10.  Petugas mencetak surat rekomendasi izin apotek

11.  Pejabat yang berwenang mengesahkan surat rekomendasi izin apotek

12.  Petugas melakukan dokumentasi surat rekomendasi izin apotek yang telah diterbitkan,Petugas menyerahkan surat rekomendasi izin apotek kepada DPMPTSP
Catatan :

13.  Surat rekomendasi izin apotek diterbitkan paling lambat 2 hari kerja setelah persyaratan dinyatakan lengkap dan/atau hasil kunjungan lapangan dinyatakan memenuhi standar

14.  Hasil kunjungan lokasi tidak memenuhi syarat teknis dan tidak ada tindak lanjut dari pemohon melebihi 3 bulan dari tanggal permohonan, dinyatakan batal dan harus mengajukan permohonan baru

FormulirPermohonanRekomendasiIzinApotekdapatdidownloaddisini

 

WaktuPelayanan :

1.    HariSenin s/d Kamis            : Pk. 08.00 – 14.00 WIB

2.    HariJum’at                             : Pk. 08.00 – 11.00 WIB

Biaya/Tarif :

Tidak ada biaya (gratis)

 

Produk :

Surat Rekomendasi Izin Apotek

 

Informasidan saran/pengaduan :

Telp                : (0334) 881066/085339116116

Website          : dinkes.lumajangkab.go.id

Email              : dinkes@lumajangkab.go.id

Sosmed         : @dinkeslumajang


Download File