Dinas Kesehatan

Rekomendasi Izin Toko Obat

 

PROSEDUR DAN PERSYARATAN

PENERBITAN REKOMENDASI IZIN TOKO OBAT

 

Dasar Hukum :

1.   Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor : 1331/Menkes//X/2002 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia  Nomor : 167/Kab/B.VII/1972  tentang  Pedagang Eceran Obat

2.  Peraturan Menteri Kesehatan No. 26 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik Bidang Kesehatan

3.  Keputusan Bupati Lumajang Nomor : 188.45/33/427.12/2019 tentang Pendelegasian Kewenangan di Bidang Perizinan dan Non Perizinan Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu

Persyaratan :

  1.      Fotokopi  STRTTK  yang masih berlaku

  2.      Fotokopi  Ijazah Tenaga Teknis Kefarmasian

  3.      Rekomendasi Organisasi Profesi   (PAFI)

  4.      Fotokopi  NIB

  5.      Fotokopi izin Lokasi

  6.      Fotokopi Izin Lingkungan (OSS)

  7.      Fotokopi Dokumen Lingkungan (UKL UPL, SPPL)

  8.      Fotokopi Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

  9.      Komitmen Izin Operasional Toko Obat (OSS)

10.      Foto kopi  KTP Pemohon dan TTK Penanggung jawab

11.      Surat pernyataan kesanggupan dari TTK Penanggung jawab

12.      Pasfoto pemohon ukuran  4 x 6 cm  sebanyak 2 (dua) lembar

13.      Surat Keterangan Izin Atasan bagi Asisten Apoteker PNS / TNI / POLRI

14.     Surat Pernyataan Pemilik Sarana  (bermaterai 6000) bahwa :

                 i.   Tidak terlibat pelanggaran peraturan perundang-undangan dibidang obat/sediaan farmasi lain.

               ii.   Kesanggupan bahwa tidak  akan melaksanakan penjual-belian obat yang melanggar Peraturan Perundang-undangan yang berlaku

Prosedur :

1.     Petugas menerima berkas permohonan rekomendasi izin toko obat

2.     Petugas melakukan telaah berkas perizinan

3.     Persyaratan administrasi tidak lengkap dikembalikan ke DPMPTSP dan diberitahukan kekurangannya

4.     Persyaratan administrasi lengkap, petugas melakukan telaah kebutuhan kunjungan tempat praktik (penilaian tempat praktik)

5.     Tim melakukan kunjungan lokasi paling lambat 5 hari kerja setelah berkas lengkap dengan terlebih dahulu menginformasikan tanggal kunjungan (minimal 1 hari sebelum kunjungan) kepada pemohon

6.     Tim melakukan telaah hasil kunjungan lokasi

7.     Tim memberitahukan hasil telaah kunjungan lokasi

8.     Telaah hasil kunjungan lokasi tidak memenuhi syarat teknis, tim memberitahukan kepada pemohon untuk dilakukan perbaikan maksimal dalam waktu 30 hari

9.     Telaah hasil kunjungan lokasi memenuhi syarat teknis maka dilanjutkan proses berikutnya

10.  Petugas mencetak surat rekomendasi izin toko obat

11.  Pejabat yang berwenang mengesahkan surat rekomendasi izin toko obat

12.  Petugas melakukan dokumentasi surat rekomendasi izin toko obat yang telah diterbitkan, Petugas menyerahkan surat rekomendasi izin toko obat kepada DPMPTSP

Catatan :

13.  Surat rekomendasi izin toko obat diterbitkan paling lambat 2 hari kerja setelah persyaratan dinyatakan lengkap dan/atau hasil kunjungan lapangan dinyatakan memenuhi standar

14.  Hasil kunjungan lokasi tidak memenuhi syarat teknis dan tidak ada tindak lanjut dari pemohon melebihi 3 bulan dari tanggal permohonan, dinyatakan batal dan harus mengajukan permohonan baru

Formulir Permohonan Rekomendasi Izin Toko Obat dapat didownload disini

 

Waktu Pelayanan :

1. Hari Senin s/d Kamis           : Pk. 08.00 – 14.00 WIB

2. Hari Jum’at                            : Pk. 08.00 – 11.00 WIB

Biaya/Tarif :

Tidak ada biaya (gratis)

 

Produk :

Surat Rekomendasi Izin Toko Obat

 

Informasi dan saran/pengaduan :

Telp                : (0334) 881066/085339116116

Website          : dinkes.lumajangkab.go.id

Email              : dinkes@lumajangkab.go.id

Sosmed         : @dinkeslumajang

 


Download File