Dinas Kesehatan

Rekomendasi Izin Operasional Optik

STANDAR PELAYANAN

REKOMENDASI IZIN OPERASIONAL OPTIK

 

No

Komponen

Keterangan

1

Persyaratan

1.      Surat permohonan bermaterai asli;

2.      Fotokopi KTP pemohon;

3.      Fotokopi NPWP perusahaan atau pemohon;

4.      Fotokopi Nomor Induk Berusaha (NIB);

5.      Fotokopi akte pendirian perusahaan;

6.      Daftar nama Pimpinan dan Penanggung Jawab;

7.      Fotokopi Ijasah dan STR Penanggung Jawab Optik          ( Minimal D3 Refraksionis Optisien atau Optometris);

8.      Fotokopi  Surat Izin Kerja /Praktik penanggung jawab;

9.      Surat yang menyatakan  status bangunan dalam bentuk akte hak milik/sewa/kontrak (badan hukum);

10.   Denah lokasi dan denah bangunan;

11.   Data jenis- jenis layanan;

12.   Daftar tenaga kerja dengan mencantumkan nama, alamat, tanggal lulus, pengalaman kerja, dan nomor Surat Izin Kerja (SIK);

13.   Daftar terperinci kaca mata korektif, lensa korektif,  lensa kontak dan cairan pembersih lensa kontak (izin edar, uji fungsi dan kalibrasi);

14.   Sarana dan Prasarana yang digunakan;

15.   Pernyataan kesediaan refraksionis optisien atau optometris untuk menjadi penanggung jawab pada optikel yang akan didirikan;

16.   Surat Pernyataan memiliki laboratorium dispensing atau fotokopi perjanjian dengan laboratorium dispensing bagi optikal yang tidak memiliki laboratorium;

 

17.   Surat Rekomendasi dari asosiasi optikal

       setempat;

18.   Surat Pernyataan sanggup dan tunduk pada peraturan perundang undangan yang berlaku dan sanggup menerima sanksi.

 

2

Mekanisme/prosedur

1.    DPM-PTSP mengajukan Permohonan Rekomendasi Izin Operasional Optik   pemohon ke Dinas Kesehatan

2.    Dinas Kesehatan Kab. Lumajang melakukan pemeriksaan,  penelitian berkas guna melihat kelengkapan berkas dan kebenaran administrasi  berkas permohonan

 

 

3.    Apabila berkas belum lengkap, maka Dinas Kesehatan mengembalikan berkas kepada DPMPTSP dan diberitahukan kekurangannya untuk dilengkapi.

4.    Apabila  berkas sudah lengkap  Tim Dinkes melakukan pemeriksaan  sarana di lapangan berdasarkan standart dan persyaratan (Pra Visitasi dan Visitasi)  dengan membuat Berita Acara Pemeriksaan.

5.    Apabila berdasarkan pemeriksaan terdapat sarana optik  yang tidak memenuhi persyaratan maka Berita acara pemeriksaan disertai rekomendasi  harus dipenuhi oleh pemohon. Rekomendasi harus dipenuhi paling lambat 30 hari setelah visitasi    dilaksanakan.

6.    Apabila persyaratan optik sudah memenuhi syarat, maka Dinas Kesehatan Kab. Lumajang membuat Rekomendasi izin Optik  diserahkan ke DPM-PTSP.

 

3

Jangka Waktu Pelayanan

14 hari

 

4

Biaya

Gratis

5

Produk Pelayanan

Rekomendasi  Izin Operasional  Optik

6

Penanganan, Pengaduan, saran dan masukan

Resepsionis Dinas Kesehatan Kab. Lumajang (0334-881066)

Website DinasKesehatanKabupatenLumajang://www. dinkes.lumajangkab.go.id

Pengelola Perizinan Optik Seksi Alkes & PKRT Dinas Kesehatan alkespkrt@gmail.com