Dinas Kesehatan

Permohonan Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Depot Air Minum (DAM)

 

STANDART PELAYANAN PERMOHONAN SERTIFIKAT LAIK HYGIENE SANITASI DEPOT AIR MINUM (DAM)

DINAS KESEHATAN KABUPATEN LUMAJANG

 

 

1

Jenis Pelayanan

:

PERMOHONAN SERTIFIKAT LAIK HYGIENE SANITASI DEPOT AIR MINUM (DAM)

2

Dasar Hukum

:

1.     Peraturan Menteri Kesehatan No 492/Menkes/Per/Iv/2010 tentang persyaratan kualitas air minum

2.     Peraturan Menteri Kesehatan  No 416/Menkes/Per/IX/1990 tentang persyaratan kualitas air bersih

3.     Peraturan Menteri Kesehatan  No 736/Menkes/Per/IX/2010 tentang tata laksana kualitas air minum

4.     Peraturan Bupati No. 17 Tahun 2018 tentang Pembinaan dan Pengawasan Depot Air Minum (DAM)

3

Persyaratan

:

1.      Fotokopi KTP pemohon

2.      Pas foto berwarna terbaru ukuran 3x4 cm dan 4x6 cm masing-masing 2 lembar

3.      Fotokopi Sertifikat pelatihan hygiene sanitasi bagi pemilik dan penjamah masing-masing orang  1 lembar

4.      Rekomendasi dari Asosiasi Depot Air Minum

5.      Denah tempat usaha

6.      Surat permohonan penerbitan sertifikat hygiene sanitasi

4

Prosedur

:

1.   Petugas menerima berkas permohonan sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Depot Air Minum (DAM)

2.   Petugas melakukan telaah berkas permohonan sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Depot Air Minum (DAM)

3.   Persyaratan administrasi tidak lengkap dikembalikan ke pemohon dan diberitahukan kekurangannya

4.   Persyaratan administrasi lengkap, petugas melakukan telaah kebutuhan kunjungan ke tempat Depot Air Minum (DAM) (Inspeksi Kesehatan Lingkungan) dan pengambilan sampel air

5.   Tim melakukan kunjungan (Inspeksi Kesehatan Lingkungan) dan pengambilan sampel air ke tempat Depot Air Minum (DAM) paling lambat 10 hari kerja setelah berkas lengkap dengan terlebih dahulu menginformasikan tanggal kunjungan kepada pemohon

6.   Tim melakukan telaah hasil kunjungan (Inspeksi Kesehatan Lingkungan) tempat Depot Air Minum (DAM) dan hasil sampel air

7.   Tim memberitahukan hasil kunjungan (Inspeksi Kesehatan Lingkungan) tempat Depot Air Minum (DAM) dan hasil sampel air

8.   Telaah hasil kunjungan (Inspeksi Kesehatan Lingkungan) tempat Depot Air Minum (DAM) dan hasil sampel air tidak memenuhi syarat, tim memberitahukan kepada pemohon untuk dilakukan perbaikan dan tim kembali mengambil sampel air

9.   Telaah hasil kunjungan (Inspeksi Kesehatan Lingkungan) tempat Depot Air Minum (DAM) dan hasil sampel air memenuhi syarat, maka dilanjutkan proses berikutnya

10.Petugas mencetak sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Depot Air Minum (DAM)

11.Pejabat yang berwenang mengesahkan sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Depot Air Minum (DAM)

12.Petugas menyerahkan sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Depot Air Minum (DAM) kepada pemohon di Seksi Kesling Kesjaor Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang

13.Petugas melakukan dokumentasi sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Depot Air Minum (DAM) yang telah diterbitkan

Catatan :

-          Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Depot Air Minum (DAM) diterbitkan paling lambat 10 hari kerja setelah persyaratan dinyatakan lengkap dan atau hasil kunjungan Inspeksi Kesehatan Lingkungan dan hasil sampel air memenuhi syarat

5

Waktu Pelayanan

:

1.   Hari Senin s/d Kamis    : Pukul 08.00 – 13.30 WIB

2.   Hari Jumat                   : Pukul 08.00 – 10.00 WIB

6

Biaya/ Tarif

:

Tidak ada biaya (kecuali pemeriksaan sampel air sesuai Perda)

7

Produk

:

Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi Depot Air Minum (DAM)

8

Pengelolaan Pengaduan

:

Resepsionis Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang (0334-881066)